Launching Kelana Swara Ambarrukmo: Eksplorasi Dunia Audio Visual

Tahun 2023 menjadi langkah baru bagi Ambarrukmo Group untuk melakukan eksplorasi di dunia Audio visual sehingga lahirlah Kelana Swara Ambarrukmo. Divisi eksplorasi suara ini launching secara resmi pada 2 Juni 2023 kemarin. Sekarang Kelana Swara Ambarrukmo menjadi salah satu bagian dari Intellectual Property (IP) yang akan mulai digarap serius. Ciri khas dari Kelana Swara Ambarrukmo adalah perpaduan antara budaya dan musik instrumental yang ditransformasikan menjadi bebunyian, berbagai suara yang bergema sehingga berhasil membentuk sajian musikal kontemporer yang unik.

Obah-Osik menjadi album pertama Kelana Swara Ambarrukmo yang berhasil di release kemarin, Arti dari Obah-Osik sendiri adalah sebuah nyanyian dalam bahasa Jawa yang berarti “bergerak-gerik”, ada tiga komposisi di dalamnya. yakni Wiraga (ragawi), Wirama (irama dan ritme), dan Wirasa (penghayatan). Perjalanan dari Kelana Swara Ambarrukmo menciptakan Obah-Osik sendiri mulai dari menggali dan merekam berbagai suara atau musik contohnya bunyi-bunyian yang berasal dari gamelan, logam, kayu, perkusi, bahkan dari instrumen digital, dipadukan menjadi satu kesatuan yang harmonis. Proses eksperimen ini menciptakan interaksi antara berbagai suara macam suara dan bunyi yang diharapkan kedepannya bisa membuka pintu kolaborasi yang lebih banyak di masa depan.

Daniel Bagas, sebagai  Produser dan Music Director dari Kelana Swara Ambarrukmo, menjadi otak di balik tiga track dalam Obah-Osik. Sementara Damar Puspito (Niskala Records) mengambil alih proses mixing dan mastering. Video klip yang menyertai musik ini dikerjakan oleh Ardis Adiprima, desainer yang menguasai berbagai disiplin. Kini, Obah-Osik bisa diakses dan dinikmati di kanal Youtube Ambarrukmo dan berbagai platform streaming digital lainnya. Kelana Swara Ambarrukmo terus melakukan inovasi dan telah menetapkan rencananya untuk masa depan berupa kontinuitas dalam eksplorasi seni suara dan bebunyian dalam konteks tradisi, populer, dan kontemporer. Sebuah misi yang merepresentasikan esensi dari Kelana Swara Ambarrukmo. Menggunakan semangat inovasi dan dedikasi yang konsisten, Kelana Swara Ambarrukmo akan terus berkembang dan memberikan pengalaman auditif yang inovatif untuk memberikan inspirasi. Melalui format kerjasama dan sinergi, Kelana Swara Ambarrukmo membuka kemungkinan berkolaborasi dengan seniman dan musisi lainnya.

Share the Post:

OTHER STORIES

Ambarrukmo Group dengan bangga mempersembahkan Trinity Sport Tourism, sebuah rangkaian event olahraga yang akan menghadirkan kegembiraan serta
Ambarrukmo menghadirkan pengalaman budaya yang mendalam melalui berKelana Jakarta. Acara yang diselenggarakan pada hari Jumat, 8 Desember
Ambarrukmo telah sukses menggelar Piala Raja Turnamen Abad Samudera 2023 yang diselenggarakan di Pantai Sepanjang, Gunungkidul.
Ambarrukmo Group bersama Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)  dan STP Ampta meluncurkan program Ambarrukmo Agridaya, Rabu (06/12)