ARTJOG 2024: Hadir dalam Tajuk Motif Ramalan, Momen Rayakan Lebaran Seni Seniman Jogja

Yogyakarta menjadi sebuah kota yang dikenal sebagai rumah untuk berbagai jenis seni, kreatif, dan kebudayaan. Potensi inilah yang menjadi fondasi terbentuknya Jogja Art Fair (JAF) yang kini dikenal sebagai ARTJOG pada 2008 silam. Setiap tahunnya gelaran ARTJOG selalu ditunggu-tunggu oleh para pencinta seni, tak terkecuali pada ARTJOG 2024 ini.

Kontribusi ARTJOG pada ekosistem seni yang ada di Indonesia, terutama Yogyakarta perlahan tapi pasti mulai menimbulkan dampak positif pada para seniman yang turut berpartisipasi. ARTJOG 2024 mengambil tajuk “Motif Ramalan” yang mengajak para seniman  mencurahkan pengetahuan tentang sejarah masa lalu dan ‘ramalan’ atas masa depan yang selalu penuh kemungkinan, mengimajinasikan peristiwa dan ‘sejarah’ masa depan.

ARTJOG akan digelar pada tanggal 28 Juni – 1 September 2024 mendatang dengan lokasi yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni di Jogja National Museum (JNM). Lantas, seperti apa keseruan yang akan dihadirkan oleh ARTJOG tahun ini? 

ARTJOG 2024 Motif: Ramalan Berkolaborasi dengan Agus Suwage dan Titarubi

artjog 2024
Sosialisasi ARTJOG

Bagi para seniman lokal Indonesia maupun Yogyakarta, ARTJOG menjadi sebuah momen “Lebaran Seni” yang menggandeng berbagai seniman untuk mencurahkan ide-ide mereka dalam pameran seni rupa yang unik. Sosok Agus Suwage dan Titarubi menjadi dua seniman yang dipilih oleh ARTJOG untuk bergabung sebagai Comission Artists di tahun 2024.

Agus Suwage merupakan seniman kelahiran 14 April 1959 yang dikenal sebagai seniman senior tanah air dan sudah eksis selama lebih dari 50 tahun. Karya-karya besar Agus Suwage dituangkan ke dalam berbagai pameran retropektif dengan tema yang condong ke kritik sosial. Seniman lulusan FSRD ITB Bandung tersebut telah mengharumkan nama Indonesia karena berhasil membawa karyanya untuk ditampilkan di 150+ museum serta galeri di berbagai negara pada tahun 2016.

Baca Juga :   Menelusuri Asal Usul Pesanggrahan Ambarrukmo dalam Sejarah

Sementara itu, sosok Titarubi tentu sudah tidak asing lagi di kalangan seniman maupun penikmat seni di Indonesia. Seniman bernama lengkap Rubiati Puspitasari ini dikenal sebagai pelaku seni keramik yang karya seninya sudah melalang buana dalam berbagai pameran besar seperti Venice Biennale (2013), Singapore Arts Museum, hingga Busan Biennale Sculpture Project. 

Dua tokoh besar dalam dunia seni Indonesia tersebut akan menghadirkan karya-karya masterpiece mereka pada ARTJOG 2024 Motif: Ramalan. Tak hanya itu, ARTJOG juga sudah mempersiapkan sederet program seru lainnya seperti Young Artist Award, ARTJOG Kids, performa•ARTJOG, Exhibition Tour, Meet the Artist, Artcare, serta Jogja Art Weeks.

ARTJOG juga menggandeng Hendro Wiyanto yang akan menjadi tim kurator seni hingga tahun 2025 mendatang. Hendro merupakan penulis kritik seni rupa yang berbasis di Jakarta dan dikenal dengan tulisannya yang independen, lugas, dan mendalam. Namanya pun selalu hadir dalam beragai proyek kuratorial besar seperti pada Langgeng Art Foundation Yogyakarta (2011), Biennale Yogyakarta (2010), dan masih banyak lagi.

Road to ARTJOG 2024 – Performa Kinestetik

ARTJOG 2024 juga mempersiapkan rangkaian acara panjang sebelum menghelat pameran utamanya. Program “Road to ARTJOG 2024” Performa Kinestetik telah berlangsung pada 20-30 April 2024 lalu, berlokasi di Galeri Salihara, Jakarta Selatan.

Di kesempatan ini terdapat Zulfian Amrullah yang mempresentasikan karya berbentuk kursi serta mengekslorasi berbagai sisi persepsi mulai dari indrawi, pengadeganan, hingga gerakan. Zulfian merupakan seorang arsitek, seniman, sekaligus pengarah artistik yang menghadirkan instalasi unik, lengkap dengan dialog-dialog yang masif diperlihatkan pada pameran tersebut.

performa kinestetik
Performa Kinestetik Road to ARTJOG2024

Terdapat juga pertunjukkan tari yang ditampilkan oleh Siska Aprisia yang merupakan penari sekaligus koreografer berdarah Sumatera Barat. Harapan dari agenda pra-pameran ini adalah untuk menjangkau lebih banyak audiens dan meningkatkan kesadaran akan keberagaman seni yang ada di Indonesia.

Baca Juga :   Rekomendasi Boutique Hotel Jogja, PORTA by Ambarrukmo Tawarkan Modern Urban Lifestyle

Lokasi ARTJOG 2024

Pengunjung bisa datang langsung ke lokasi ARTJOG 2024 yang berada di Jogja National Museum, Jalan Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi, taksi online, maupun transportasi umum seperti TransJogja. Jam operasional ARTJOG 2024 dimulai pukul 10.00-22.00 WIB setiap hari mulai 28 Juni-1 September 2024.

Tiket ARTJOG 2024

Tiket ARTJOG 2024 sudah bisa dibeli secara online melalui website dengan harga pre-sale Rp50.000 mulai tanggal 3 – 15 Juni 2024. Tiket pre-sale dapat digunakan sepanjang periode pameran berlangsung.

Bagi pengunjung yang kehabisan tiket pre-sale, bisa langsung membeli tiket dengan harga  normal yakni Rp75.000 yang bisa didapatkan secara online maupun on the spot di Jogja National Museum.

Informasi terbaru mengenai ARTJOG bisa didapatkan lewat Instagram @artjog.id. Nantikan beragam update mengenai wisata, budaya, akomodasi, dan event yang ada di Jogja dengan mengikuti Instagram @ambarrukmo serta website resmi Ambarrukmo.

Share the Post:

OTHER STORIES

Plaza Ambarrukmo menjadi sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Yogyakarta yang akan memberikan pengalaman berbelanja terbaik untuk semua

Gelaran Gathering Ambarrukmo Group 2024 di Bali berlangsung hangat dan meriah pada Sabtu 15 Juni 2024 di

Memasuki paruh kedua tahun 2024 Yogyakarta memiliki berbagai daftar event yang siap untuk dikunjungi Jenis event yang

Memanjakan diri dengan menjajal berbagai restoran hotel bisa jadi opsi terbaik untuk me time atau menghabiskan akhir