5 Event Lari Jogja yang Digelar Tahunan, Olahraga dengan Pemandangan Alam

Yogyakarta adalah wilayah di Indonesia yang dikenal dengan keindahan alamnya serta budayanya yang mendunia. Kini Yogyakarta juga mulai dilirik banyak wisatawan sebagai destinasi sport tourism karena banyaknya gelaran acara olahraga, salah satunya adalah event lari Jogja. 

Setiap tahunnya, ada berbagai event lari Jogja yang dinantikan oleh para runners karena menawarkan sensasi berlari dengan pemandangan alam yang memukau. Setiap event yang diselenggarakan pun menawarkan pengalaman baru bagi tiap peserta untuk menikmati berbagai destinasi wisata di Jogja, dilengkapi dengan hadiah menarik.

Baca Juga: 5 Event Wisata Olahraga Jogja yang Paling Dinantikan Setiap Tahunnya!

Jangan Lewatkan 5 Event Lari Jogja Terbaik, Favorit Para Runners!

Belum terlambat untuk mencari tahu ada apa saja event lari Jogja yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya. Berikut adalah lima event olahraga lari di Jogja dengan fasilitas hingga hospitality terbaik yang tak boleh dilewatkan!

1. Ambarrukmo Volcano Run

event lari jogja
Ambarrukmo Volcano Run

Ambarrukmo Volcano Run masuk ke dalam event lari Jogja yang sudah diselenggarakan sejak 2019. Setiap tahunnya, AVR diselenggarakan di paruh pertama pada tahun tersebut dengan rute menyusuri kawasan Jogja bagian utara. Udara sejuk dari kawasan lereng Gunung Merapi ditambah dengan suasana pedesaan yang khas, menjadi magnet utama bagi para peserta untuk mengikuti Ambarrukmo Volcano Run setiap tahunnya.

Kategori lari yang bisa diikuti di AVR mulai dari 5K, 10K, dan 21K. Sepanjang rute, peserta juga akan disuguhkan penampilan berbagai kesenian Jawa yang menambah suasana seru dalam acara ini. Area start dan finish dari Ambarrukmo Volcano Run berlokasi di Museum Gunungapi Merapi di Banteng, Hargobinangun.

Fasilitas dan hospitality yang disediakan oleh Ambarrukmo Volcano Run pun menjadi sorotan utama dari para runners, setiap peserta akan mendapatkan official jersey, nomor BIB, exclusive bag, asuransi, fisioterapi dan layanan medis, F&B voucher, hingga berkesempatan mendapatkan doorprize jutaan rupiah. 

Baca Juga: Ambarrukmo Volcano Run 2023: Lomba Lari di Kaki Merapi Kaliurang Yogyakarta

2. Gunungkidul Fun and Run

Gunungkidul Fun and Run merupakan event lari yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul yang menjadi wadah baru untuk mempromosikan wisata Gunungsewu Global Geopark. Rute lari peserta terbagi menjadi dua kategori yakni 3K dan 7K dengan mengelilingi kawasan pedesaan, JJLS (Jalur Jalan Lintas Selatan), pegunungan karst, dan juga area pesisir pantai.

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul juga akan menampilkan berbagai hiburan berupa kesenian khas Gunungkidul ditambah konser musik pada malam harinya. Titik start dan finish dari Gunungkidul Fun and Run akan berlokasi di Pantai Krakal, Kapanewon Tanjungsari.

3. Sleman Temple Run

event lari jogja
Sleman Temple Run

Sleman Temple Run adalah event sport tourism yang digagas oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman sejak tahun 2015. Ada tiga pilihan kategori yang diperlombakan yaitu 5K, 15K, dan 30K dengan rute melewati situs candi hindu yang ada di Sleman. Tahun 2024, Sleman Temple Run akan diselenggarakan di 8 September 2024 dengan titik start dan finish di Candi Banyunibo, Bokoharjo. 

Acara Sleman Temple Run juga telah masuk ke kalender International Trail Runners Association (ITRA), sehingga tidak hanya menjangkau peserta domestik namun juga mancanegara. 

4. Menoreh Trail Run

Menoreh Trail Run masuk ke dalam event lari Jogja yang berlokasi di Kedung Pedut, Kulon Progo. Jarak yang harus ditempuh para peserta dalam event ini adalah 12K dengan cut off time 4,5 jam. Acara tersebut ditujukan untuk para pelari profesional atau mereka yang sudah berpengalaman karena medan yang dilalui akan cukup terjal dan menantang. Rute dari Menoreh Trail Run akan mengitari beberapa lokasi wisata seperti Bukit Menoreh hingga Air Terjun Kedung Pedut. 

5. SiBakul Jogja Sport Fest

event lari jogja
SiBakul Jogja Sport Fest by @nursanzianphoto

SiBakul Jogja Sport Fest merupakan event olahraga yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Yogyakarta. Tidak hanya larim akan ada beberapa pilihan olahraga lainnya seperti line dance, push bike (Anak-anak), poundfit, dan hiburan musik. Untuk peserta yang mengikuti lomba lari, tersedia dua kategori yang bisa dipilih yaitu 5K dan 10K. 

Tujuan utama dari SiBakul Jogja Sport Fest adalah untuk memperkenalkan berbagai produk UKM DIY yang telah dibina oleh Dinas Koperasi. Total terdapat ratusan UKM yang selalu berpartisipasi dan diikuti oleh semua lapisan masyarakat Yogyakarta. Lokasi penyelenggaraan SiBakul Jogja Sport Fest di 2024 akan berlokasi di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.

Baca Juga: Trinity Sport Tourism 2024: Perkuat Citra Yogyakarta sebagai Destinasi Unggulan
Nah, itulah daftar event lari Jogja terbaik yang bisa diikuti setiap tahunnya. Jangan lewatkan berbagai informasi terkini seputar wisata, budaya, dan event lainnya di Jogja bersama Ambarrukmo melalui Instagram @ambarrukmo.

Share the Post:

OTHER STORIES

Memilih hotel yang nyaman menjadi hal penting yang harus diperhatikan para traveller sebelum berlibur Jika Jogja menjadi

Yogyakarta merupakan paket lengkap untuk wisatawan yang mencari berbagai tujuan wisata budaya sejarah hingga berbelanja Ada banyak

Kedhaton Ambarrukmo adalah satu dari sekian bangunan bersejarah bagi pemerintahan Yogyakarta yang menyimpan banyak cerita dan jejak

Royal Ambarrukmo Yogyakarta tak hanya menjadi hotel bintang 5 terbaik di Jogja namun dikenal juga sebagai cagar