5 Event Wisata Olahraga Jogja yang Paling Dinantikan Setiap Tahunnya!

Wisata olahraga menjadi sebuah tren yang semakin populer di berbagai kota besar Indonesia dalam beberapa tahun belakangan. Yogyakarta menjadi salah satu destinasi favorit para pencinta olahraga karena potensi alam, fasilitas, sampai komunitas yang saling mendukung membuatnya bersinergi membentuk daya tarik baru dalam Sport Tourism

Dari sekian banyaknya perhelatan wisata olahraga di Jogja, lari dan sepeda menjadi dua olahraga favorit para wisatawan. Tak heran terdapat berbagai event olahraga bergengsi yang digelar setiap tahunnya serta selalu dinantikan oleh para penggemar olahraga di seluruh Indonesia bahkan mancanegara.

Baca Juga: Trinity Sport Tourism 2024: Perkuat Citra Yogyakarta sebagai Destinasi Unggulan

5 Wisata Olahraga Jogja, dari Maraton hingga Sepeda

Data dari Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mengatakan bahwa sepanjang 2023 terdapat lebih dari 7 juta kunjungan wisatawan ke Jogja. Angka ini berpotensi akan naik setiap tahunnya, seiring berkembangnya industri pariwisata di berbagai kota di Indonesia.

Maka tak heran jika kini Jogja mulai jadi top of mind untuk wisata olahraga karena mampu memberikan pengalaman baru bagi para wisatawan. Mayoritas Sport Tourism di Jogja pun mengambil potensi wisata alam yang ada dan mengemasnya menjadi sebuah perhelatan olahraga yang menonjolkan keberagaman serta persatuan dari berbagai komunitas.

1. Volcano Run

wisata olahraga
Ambarrukmo Volcano Run

Volcano Run adalah event wisata olahraga lari yang diselenggarakan oleh Ambarrukmo Group di kawasan Museum Gunungapi Merapi, Kaliurang. Populer dengan nama AVR (Ambarrukmo Volcano Run), event lari Jogja yang satu ini memiliki beberapa kategori jarak mulai dari 5K, 10K, 21K dengan harga tiket yang beragam tiap tahunnya. 

Ambarrukmo berkolaborasi dengan komunitas Ubur-Ubur Lari sejak tahun 2019 untuk memajukan pariwisata Yogyakarta dalam bidang sport-tourism. AVR menjadi gelaran event lari Jogja yang memiliki fasilitas lengkap mulai dari official jersey, nomor BIB, exclusive bag, F&B voucher, asuransi, layanan medis, fisioterapi, refreshment, doorprize, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengikuti informasi terbaru mengenai Ambarrukmo Volcano Run di Instagram @volcano.run.

Baca Juga: Ambarrukmo Volcano Run 2023: Lomba Lari Di Kaki Merapi Kaliurang Yogyakarta

2. Tour de Ambarrukmo

wisata olahraga
Tour de Ambarrukmo

Tour de Ambarrukmo (TDA) adalah event sepeda Jogja yang diselenggarakan setiap tahun oleh Ambarrukmo. Sejak pertama kali diluncurkan pada 2017 lalu, antusias pencinta olahraga terhadap TDA terus meningkat setiap tahunnya.

Pada 2023 peserta yang ikut dalam TDA mencapai lebih dari 1,500 orang dari berbagai komunitas olahraga di Jogja serta beberapa kota lain di Indonesia. Setiap tahunnya, Ambarrukmo selalu menghadirkan inovasi-inovasi baru sehingga membuat lebih banyak orang tertarik untuk ikut serta. Nantikan update terbaru dari Tour de Ambarrukmo melalui @tdambarrukmo.

Baca Juga: Tour de Ambarrukmo 2023: Event Sepeda Bersama Antangin Tembus 1.500 Peserta

3. Elevation Hunters

wisata olahraga
Elevation Hunters by Ambarrukmo

Elevation Hunters masuk ke dalam wisata olahraga sepeda dengan total jarak mencapai 161 km dengan dua pilihan rute elevasi yang berbeda yaitu 2,000 meter dan 3,100 meter. Acara sport-tourism yang satu ini juga menjadi salah satu event yang diselenggarakan oleh Ambarrukmo sejak tahun 2023.

Elevation Hunters akan memberikan pengalaman baru bagi peserta untuk menikmati berbagai destinasi wisata alam yang ada di Jogja. Tahun 2023, Elevation Hunters melewati beberapa spot wisata seperti Puncak Suroloyo Goa Jepang Kaliuran, dan Bukit Klangon yang dikenal dengan pemandangannya yang menakjubkan. Ambarrukmo Group membuka pintu untuk semua komunitas, pencinta olahraga, serta wisatawan untuk ikut serta dalan acara olahraga tersebut. Jangan lewatkan berbagai informasi terbaru seputar Elevation Hunters hanya di @elevation.hunters.

4. Coast to Coast Night Trail Ultra

wisata olahraga
Coast to Coast Night Trail Ultra

Coast to Coast Night Trail Ultra menjadi event olahraga Jogja yang diprakarsai oleh komunitas lari profesional di Indonesia. Kategori lari yang dimiliki CTC mulai dari 5K, 13K, 25K, 50K, hinga 70K. Rute yang digunakan CTC Night Trail Ultra melintasi beberapa spot wisata di Kabupaten Bantul seperti Pantai Parangtritis, Pantai Goa Cemara, Goa Cermai, Gumuk Pasir, hingga Goa Jepang.

5. Sleman Temple Run

sleman temple run
Sleman Temple Run

Sleman Temple Run menjadi agenda tahunan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman sejak 2015. Sport event yang satu ini juga masuk ke dalam agenda International Trail Running Association (ITRA) yang menggaet lebih banyak wisatawan domestik dan mancanegara. 

Sesuai namanya, rute yang dilalui oleh Sleman Temple Run pun akan melewati beberapa candi seperti Candi Banyunibo, Candi Ijo, Candi Barong, hingga Tebing Breksi. Pada Sleman Temple Run akan terdiri dari beberapa kategori lari yakni 5K, 15K, serta 30K.

Itulah berbagai daftar event wisata olahraga Jogja yang paling populer. Selalu update dengan berbagai informasi terbaru mengenai wisata hingga budaya tentang Yogyakarta bersama Ambarrukmo.

Informasi lebih lanjut:
Instagram Resmi Ambarrukmo Group: @ambarrukmo
Tour de Ambarrukmo: @tdambarrukmo
Ambarrukmo Volcano Run: @volcanorun.official
Elevation Hunters: @elevation.hunters

Share the Post:

OTHER STORIES

Memilih hotel yang nyaman menjadi hal penting yang harus diperhatikan para traveller sebelum berlibur Jika Jogja menjadi

Yogyakarta merupakan paket lengkap untuk wisatawan yang mencari berbagai tujuan wisata budaya sejarah hingga berbelanja Ada banyak

Kedhaton Ambarrukmo adalah satu dari sekian bangunan bersejarah bagi pemerintahan Yogyakarta yang menyimpan banyak cerita dan jejak

Royal Ambarrukmo Yogyakarta tak hanya menjadi hotel bintang 5 terbaik di Jogja namun dikenal juga sebagai cagar