Kustomfest 2023: Semangat Retro Future untuk Masa Depan Kustom Kultur!

Selama lebih dari satu dekade KUSTOMFEST 2023 telah banyak mengubah cara kita memandang dan mengekspresikan seni kustom di dunia otomotif. Bertempat di Jogja Expo Center, festival ini hadir kembali dengan tema Retro Future yang berlangsung pada 7 dan 8 Oktober 2023.

Salah satu misi yang terus dibawa oleh KUSTOMFEST dari tahun ke tahun tetap sama, yaitu merangkul para seniman kustom dari seluruh Indonesia untuk menunjukan kreativitas dan inovasinya di depan banyak senior otomotif kustom. Lulut Wahyudi, Direktur KUSTOMFEST, berbagi cerita tentang perjalanan panjang festival ini yang tidak selalu mulus, namun tetap berfokus pada tujuan utama yakni melahirkan karya-karya terbaik sebagai cerminan kekayaan kreativitas Indonesia di ranah kustom.

Diresmikan langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Tema “Retro Future” dipilih sebagai refleksi bagaimana masa lalu dapat membentuk masa depan melalui lensa otomotif. Salah satu contoh nyata implementasi dari tema ini adalah Talkshow inovasi bersama Elders Elettrico yang berhasil mengubah Vespa menjadi motor listrik yang lebih ramah lingkungan tanpa merusak desain aslinya.

Baca Juga: ARTJOG 2023: Tema Motif Lamaran dalam Ekspresi Seni Kontemporer

KUSTOMFEST 2023 Manjakan Pencinta Otomotif di Jogja dengan Pameran Motor Kustom

kustomfest 2023
KUSTOMFEST 2023

KUSTOMFEST 2023 juga menghadirkan berbagai program besar seperti Kustom Bike Show, yang menjadi ajang pameran sepeda motor kustom, lalu Hot Rod & Kustom Car Show dan perlombaan balap yakni Kontes Balap Flat Track.

Selain itu, terdapat rangkaian program lain seperti Kustom Journey, Kustom Paint Exhibition, Von Dutch Wizard Lamp Paint Contest, Kuroboshi Airbrush atau Spray Paint Kontest, Kustom Paint Battle, Helmet Kustom Paint Kontest, Diecast Kontest, Kustom Bicycle Show, RC Show Off Body Contest, BMX Kontest dan Pin Up Contest yang menjadi bagian dari rangkaian panjang acara KUSTOMFEST 2023.

Tidak berhenti sampai disitu saja, ajang pertemuan akbar para automotive enthusiast ini juga dimeriahkan oleh pertunjukkan musik dari berbagai band dengan genre blues dan rock. Seperti diantaranya, The Half Season, Before You, Backdoors Hours, hingga DEADSQUAD pada hari pertama.

Selanjutnya pada hari kedua diisi oleh penampilan Milesstone, Salbatic Rock, Bias, Niskala, dan ditutup dengan penampilan Jangar dan The Sigit. Keberagaman penampilan musik ini sukses membangun suasana yang hidup dan dinamis sepanjang KUSTOMFEST 2023 berlangsung.

Baca Juga: Hey Design Fluencer: Upaya ADGI Jogja Membangun Jejaring Komunitas Desainer Grafis

Menjadi ingatan bersama bahwa KUSTOMFEST tidak lengkap tanpa tradisi utamanya yakni Lucky Draw yang diundi di penghujung acara. Tahun ini KUSTOMFEST telah mempersiapkan Lucky Draw berupa mobil kustom pickup flat deck yang diberi nama “Gagak Rimang”.

Mobil kustom bermesin enam silinder segaris yang dirancang oleh tim Retro Classic Cycles ini melibatkan para UMKM otomotif seperti bengkel cat, mesin dan interior dalam proses pembuatannya. Setiap pengunjung yang memiliki tiket memiliki kesempatan yang sama untuk memenangkan Lucky Draw ini.

Kesuksesan KUSTOMFEST 2023 merupakan hasil kerjasama yang kuat dari berbagai pihak di dalamnya. Seperti halnya Ambarrukmo yang kembali ditunjuk sebagai Official Hotel Partner KUSTOMFEST 2023. Kolaborasi ini tidak hanya menghasilkan acara yang sukses, tetapi juga menciptakan ide-ide inovatif yang bisa membuka peluang baru untuk mendukung perkembangan industri kreatif di Yogyakarta.

Share the Post:

OTHER STORIES

Memilih hotel yang nyaman menjadi hal penting yang harus diperhatikan para traveller sebelum berlibur Jika Jogja menjadi

Yogyakarta merupakan paket lengkap untuk wisatawan yang mencari berbagai tujuan wisata budaya sejarah hingga berbelanja Ada banyak

Kedhaton Ambarrukmo adalah satu dari sekian bangunan bersejarah bagi pemerintahan Yogyakarta yang menyimpan banyak cerita dan jejak

Royal Ambarrukmo Yogyakarta tak hanya menjadi hotel bintang 5 terbaik di Jogja namun dikenal juga sebagai cagar