5 Event Sepeda Jogja Tahunan untuk Para Pencinta Gowes!

Citra Yogyakarta sebagai daerah yang ramah untuk pencinta olahraga kini mulai dikenal banyak orang di Indonesia. Setiap tahunnya ada banyak event olahraga yang dilaksanakan di berbagai wilayah Yogyakarta mulai dari lari maraton hingga sepeda. Untuk para cyclist pasti sangat menantikan berbagai event sepeda Jogja setiap tahunnya, karena tak hanya seru untuk diikuti namun cyclist bisa sekaligus berwisata ke berbagai spot indah di Jogja.

Setiap event sepeda Jogja pun masuk ke dalam berbagai kategori dengan menawarkan jarak tempuh pendek hingga ratusan kilometer. Tidak hanya bersepeda saja, para cyclist juga bisa mengetes kemampuan mereka melalui cycling challenge yang biasanya ada di setiap acara. 

Adanya acara sepeda ini sekaligus membangun budaya hidup sehat di kalangan masyarakat dan juga memperlua relasi bagi sesama komunitas sepeda maupun olahraga.

Baca Juga: Trinity Sport Tourism 2024: Perkuat Citra Yogyakarta sebagai Destinasi Unggulan

5 Event Sepeda Jogja yang Digelar Tahunan

Yogyakarta menjadi episentrum baru bagi para goweser karena fasilitas publik hingga rutenya yan variatif dibandingkan kota lainnya. Kita bisa menikmati berbagai rute mulai dari gunung, pantai, perkotaan, hutan, bahkan danau yang membuat pengalaman bersepeda kian berkesan. Berikut adalah 5 event sepeda Jogja yang digelar tahunan dan tak boleh dilewatkan:

1. Tour de Ambarrukmo (TDA)

event sepeda jogja

Tour de Ambarrukmo (TDA) merupakan event sepeda Jogja yang diselenggarakan oleh Ambarrukmo Group setiap tahun sejak tahun 2017. Di kalangan cyclist Jogja, TDA lebih dari sekadar ajang olahraga namun juga meningkatkan kemampuan untuk bersepeda lebih profesional dalam berbagai medan. Tahun 2023, Tour de Ambarrukmo berhasil menembus lebih dari 1,500 peserta yang berhasil menempuh rute mencapai 145 KM.

Ambarrukmo menjadi salah satu penyelenggara trinity sport tourism terlengkap di Yogyakarta dengan fasilitas dan juga hospitality yang lengkap. Rute yang dipilih oleh TDA setiap tahunnya pun selalu berbeda dan pastinya menawarkan sensasi baru bagi para cyclist yang mendaftar. Pada tahun 2024, Tour de Ambarrukmo akan digelar pada 27 Juli 2024. Dapatkan info terbaru seputar TDA melalui Instagram @tdambarrukmo.

Baca Juga: Tour de Ambarrukmo 2023: Event Sepeda Bersama Antangin Tembus 1.500 Peserta

2. Elevation Hunters

event sepeda jogja
Elevation Hunters by Ambarrukmo

Merubah tantangan jadi kesenangan adalah salah satu misi yang ingin dicapai dari event Elevation Hunters. Event sepeda Jogja yang satu ini diinisiasi oleh Ambarrukmo Group dengan konsep yang inovatif dengan jarak tempuh mencapai 161 KM. Elevation Hunters mengambil konsep “Unsupported Event” dan tergabung dalam Trinity Sport Tourism yang digagas oleh Ambarrukmo.

Bagi para cyclist sejati, Elevation Hunters adalah tempat untuk melatih ketangguhan serta kekuatan sembari menikmati panorama alam Yogyakarta yang memesona. Acara Elevation Hunters di tahun 2024 akan diselenggarakan pada bulan Oktober. Jangan lewatkan berbagai informasi mengenai Elevation Hunters melalui Instagram @elevation.hunters

3. Audax Yogyakarta

Audax Indonesia merupakan salah satu klub sepeda yang menyelenggarakan berbagai event sepeda di berbagai kota, termasuk Yogyakarta. Pada Audax Yogyakarta, konsep “Unsupported. Just Ride.” menjadi tema utamanya dengan menggelar Ultra Cycling Challenge yang akan digelar pada 29 Juni 2024. Pilihan rute yang disediakan event sepeda Jogja yang satu ini pun beragam mulai dari jarak pendek di 85 KM hingga jarak jauh di 300 KM. 

4. Tour de Sleman

Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Sleman menggelar agenda rutin event sepeda Jogja bernama Tour de Sleman yang sudah ada sejak 2021. Setidaknya terdapat 200 peserta setiap tahunnya yang aktif berpartisipasi pada acara olahraga tersebut. Jarak yang ditempuh peserta dalam Tour de Sleman mencapai 110 KM dengan titik start dan finish di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Baca Juga: 5 Event Lari Jogja yang Digelar Tahunan, Olahraga dengan Pemandangan Alam

5. Il Festino

event sepeda jogja
Il Festino Yogyakarta

Il Festino menjadi event sepeda Jogja berikutnya yang bisa diikuti para cyclist seluruh Indoneisa. Pada event ini ada dua kategori yang diperlombakan yaitu jarak tempuh 130 KM (Gran Fondo) dan jarak tempuh 80 KM (Medio Fondo). Rute yang dipilih oleh Il Festino akan mengajak peserta untuk menjelajahi wilayah utara Yogyakarta yang dikenal dengan suasana sejuk dan asrinya. 

Itulah berbagai event sepeda Jogja yang bisa kamu nantikan setiap tahunnya. Dapatkan berbagai informasi terkini seputar wisata, budaya, dan event lainnya di Jogja bersama Ambarrukmo melalui Instagram @ambarrukmo.

Share the Post:

OTHER STORIES

Memilih hotel yang nyaman menjadi hal penting yang harus diperhatikan para traveller sebelum berlibur Jika Jogja menjadi

Yogyakarta merupakan paket lengkap untuk wisatawan yang mencari berbagai tujuan wisata budaya sejarah hingga berbelanja Ada banyak

Kedhaton Ambarrukmo adalah satu dari sekian bangunan bersejarah bagi pemerintahan Yogyakarta yang menyimpan banyak cerita dan jejak

Royal Ambarrukmo Yogyakarta tak hanya menjadi hotel bintang 5 terbaik di Jogja namun dikenal juga sebagai cagar