Miss Mega Bintang Indonesia 2024 Kolaborasi dengan Ambarrukmo untuk Populerkan Budaya Jawa

Gelaran Miss Mega Bintang Indonesia 2024 yang diinisasi oleh Yayasan Dunia Mega Bintang milik Ivan Gunawan mengawali rangkaian acara mereka di Yogyakarta. Royal Ambarrukmo Yogyakarta dipercaya menjadi tempat karantina 50 finalis MMBI dari 3 hingga 7 Mei 2024. Kedatangan para finalis pada 3 Mei 2024 disambut dengan meriah dengan berbagai rangkaian acara mulai dari Welcoming Dinner, Sashing Ceremony, hingga Culture Parade

Ajang Miss Mega Bintang Indonesia pertama kali digelar pada tahun 2023 dengan mengambil peserta dari 15 provinsi seluruh Indonesia. Tahun 2024 menjadi kali kedua penyelenggaraan MMBI yang nantinya finalis pemenang akan dikirim ke ajang Miss Grand International 2024 dan 6 besar lainnya akan berpartisipasi pada ajang kecantikan tingkat internasional.

Baca Juga: The Gateway Of Java Kaping 3: Selisik Khazanah Tanah Istimewa

Eksplorasi Budaya dan Keindahan Jogja bersama Finalis Miss Mega Bintang Indonesia dan Royal Ambarrukmo Yogyakarta

miss mega bintang indonesia
Welcoming Dinner di Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo

Kemeriahan dimulai pada saat penyambutan seluruh finalis ketika datang ke Royal Ambarrukmo Yogyakarta (03/05/2024). Setiap finalis datang dengan berbagai parade unik dan juga kolosal dengan berbagai tema, sehingga membuat suasana pagi itu menjadi lebih ceria dan bersemangat. 

Malam harinya, seluruh finalis Miss Mega Bintang Indonesia mengikuti Welcoming Dinner bersama Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara, Ivan Gunawan selaku Founder Yayasan Mega Bintang, Haris Susanto selaku Managing Director Ambarrukmo Group, serta tamu undangan di Pendopo Agung. 

Pada malam tersebut seluruh finalis mengenakan rancangan terbaik dari desainer Indonesia sembari menikmati sajian makanan fusion tradisional Jawa dari Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Keesokan harinya, 50 finalis MMBI melakukan Sashing Ceremony yakni prosesi penyematan selempang resmi Miss Mega Bintang Indonesia kepada seluruh peserta. 

miss mega bintang indonesia
Persiapan Sashing Ceremony

Berlokasi di Gadri Royal Ambarrukmo Yogyakarta, seluruh finalis menggunakan kebaya hitam dari berbagai desainer sembari melakukan peragaan busana. Nuansa tradisional Jawa kental terasa di area Gadri ditambah dengan bentuk bangunan, detil, serta dekorasinya yang kian menghidupkan suasana. 

Setelahnya, seluruh finalis MMBI langsung bertandang ke  Candi Sewu untuk melakukan fashion show menggunakan rancangan batik hasil kolaborasi dari Iwan Tirta, Ivan Gunawan, Deden Siswanto, Julianto, dan Maison Baaz Couture. Culture Festive menjadi kesempatan untuk para finalis dalam merepresentasikan keunikan daerah masing-masing dengan menonjolkan nilai budaya dari tempat asalnya. 

Baca Juga: Jelajah Abad Samudera: Eksplorasi Keindahan Alam Yogyakarta di Gunungkidul

“Melalui ajang ini saya ingin melahirkan Queen yang tidak hanya cantik, tapi juga pintar secara menyeluruh dan memiliki potensi unik yang bisa dibanggakan. Saya juga ingin melihat bagaimana cara mereka mempromosikan potensi yang ada dalam diri mereka agar dikenal oleh masyarakat luas.  Karena itulah saya ingin  melihat mereka bisa menggunakan dan  menghadapi perkembangan digital dengan bijak untuk kepentingan promosi diri mereka dan Indonesia di mata dunia,” Ucap Ivan Gunawan selaku founder Yayasan Mega Bintang Indonesia

Menjelajahi Sisi Lain Yogyakarta bersama Royal Ambarrukmo

royal ambarrukmo yogyakarta
Pendhopo Agung Kedhaton Ambarrukmo

Royal Ambarrukmo Yogyakarta merupakan hotel bintang lima yang dikenal dengan arsitektur bangunan serta sangat kental dengan tradisi Jawa nya. Dalam area Royal Ambarrukmo terdapat kompleks Kedhaton Ambarrukmo yang terdiri dari beberapa area utama seperti Pendopo Agung, Ndalem Ageng, Gadri, Bale Kambang, Pacaosan, hingga Alun-alun.

Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta memiliki 247 kamar yang terdiri dari berbagai tipe mulai dari Deluxe Room hingga Ambarrukmo Suite. Pemandangan setiap kamar pun langsung menghadap ke Gunung Merapi yang menjadi salah satu ikon wisata di Yogyakarta. Pesona lain yang ditawarkan oleh Ambarrukmo adalah setiap tamu bisa berkesempatan merasakan berbagai prosesi yang dilakukan keluarga kerajaan seperti  Patehan, Ladosan Dhahar, Jemparingan, hingga Kelas Tari Tradisional.

Baca Juga: berKelana Semarang, Melestarikan Budaya dalam Rasa, Cipta, dan Karsa

Melalui kolaborasi antara Royal Ambarrukmo dengan Miss Mega Bintang Indonesia 2024, Ambarrukmo ingin lebih mengenalkan berbagai budaya Jawa sesungguhnya kepada masyarakat luas. Nantikan selalu update mengenai wisata, budaya, dan event yang ada di Jogja dengan mengikuti Instagram @ambarrukmo dan website resmi Ambarrukmo.

Share the Post:

OTHER STORIES

Memilih hotel yang nyaman menjadi hal penting yang harus diperhatikan para traveller sebelum berlibur Jika Jogja menjadi

Yogyakarta merupakan paket lengkap untuk wisatawan yang mencari berbagai tujuan wisata budaya sejarah hingga berbelanja Ada banyak

Kedhaton Ambarrukmo adalah satu dari sekian bangunan bersejarah bagi pemerintahan Yogyakarta yang menyimpan banyak cerita dan jejak

Royal Ambarrukmo Yogyakarta tak hanya menjadi hotel bintang 5 terbaik di Jogja namun dikenal juga sebagai cagar