Search
Close this search box.

Tusta Citta 2022: Malam Apresiasi Pelaku Industri Kreatif Yogyakarta

Pada awal tahun 2022, Ambarrukmo memperkenalkan sebuah wadah baru untuk berkumpulnya semua elemen industri kreatif yang ada di Yogyakarta. Acara ini diberi nama Tusta Citta yang diselenggarakan pada Jumat, 1 Juli 2022. Acara Tusta Citta 2022 diadakan di Ballroom Gramm Hotel by Ambarrukmo. Selain sebagai ajang berkumpul kembali para pelaku industri kreatif di Yogyakarta.

Acara ini juga merupakan malam penghargaan untuk mereka yang telah berkontribusi selama dua tahun terakhir untuk memajukan kota Yogyakarta. Secara makna Tusta Citta memiliki arti “Hati yang Bahagia” dengan harapan bahwa semua peserta akan merasakan kegembiraan yang sama dan bertujuan untuk membuka ruang diskusi, peluang kolaborasi, ide segar, dan perkenalan yang lebih hangat satu sama lain.

Gebrakan Ambarrukmo Group lewat Program Tusta Citta 2022

tusta citta
Malam Tusta Citta Ambarrukmo

Ambarrukmo memiliki visi menjadi “An Ecosystem of Sustainable Cultural Business” yang membentuk ekosistem bisnis berbasis budaya dan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat Yogyakarta. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang hospitality dan properti, Ambarrukmo memiliki empat properti utama, yaitu Plaza Ambarrukmo (Pusat Perbelanjaan), Royal Ambarrukmo (Hotel Bintang 5), Gramm Hotel by Ambarrukmo (Hotel Bintang 4), dan PORTA by Ambarrukmo (Hotel Bintang 3).

Selain itu, Ambarrukmo juga menjadi cikal bakal dari beberapa program dan festival yang dikenal masyarakat, seperti Tour De Ambarrukmo (TDA), Land Of Leisures (LOL), Pasar Wiguna, dan Media Trip The Gateway Of Java. Selain budaya, Ambarrukmo juga berpartisipasi dalam bidang olahraga melalui event TDA yang sudah tidak asing bagi para pecinta sepeda di Yogyakarta. TDA merupakan upaya untuk menguatkan sport tourism di Yogyakarta. 

Setiap tahun, lebih dari 1,500 peserta dari berbagai daerah mengikuti TDA, yang memberikan pengalaman bersepeda melintasi keindahan lanskap Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan jarak yang beragam mulai dari 150 kilometer. Selain itu, Ambarrukmo juga menciptakan Media Trip The Gateway Of Java. Acara ini sebagai wadah eksplorasi wisata dan budaya.

Baca Juga :   ARTJOG 2023: Tema Motif Lamaran dalam Ekspresi Seni Kontemporer

Seperti TDA, media trip ini bertujuan untuk memperkenalkan Yogyakarta yang meliputi empat kabupaten dan satu kota melalui serangkaian perjalanan yang kompleks. Tidak hanya itu saja, Ambarrukmo juga menginisiasi Pasar Wiguna hadir untuk memenuhi keinginan masyarakat Yogyakarta dalam berinteraksi dan berekreasi di akhir pekan. 

Secara konsep, Pasar Wiguna menggunakan Eco Culture Market yang menerapkan tiga nilai utama yakni Wellness, Local dan Less Waste diadakan setiap 2 minggu sekali di alun-alun Royal Ambarrukmo. Program ini dimulai pada akhir tahun 2020 dan terus berkembang dengan variasi pedagang yang semakin beragam sampai sekarang.

Seiring dengan penurunan kasus Covid-19 dan regulasi pemerintah mengenai kegiatan berskala besar, Ambarrukmo juga optimis untuk menggelar Land Of Leisures (LOL) pada tahun ini. Melalui Tusta Citta 2022, Ambarrukmo ingin memberikan kesempatan kepada para kreatif muda lokal untuk berkolaborasi, menciptakan warna baru, dan memajukan Yogyakarta.

Share the Post:

OTHER STORIES

The Gateway of Java menjadi gerbang untuk memperkenalkan semua sisi Yogyakarta dari dalam maupun luarnya. Ada berbagai

22 Juli 2024 menjadi sebuah momen spesial untuk GRAMM by Ambarrukmo, karena pada hari tersebut GRAMM Hotel

Tradisi malam Satu Suro menjadi sebuah adat sakral yang masih dipercaya masyarakat Jawa, terutama Yogyakarta dan Surakarta.

ARTJOG 2024 menjadi sebuah pameran seni yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Tahun 2024, ARTJOG mengambil tema Motif: