Kelana Lidah Jawa, Eksplorasi Kuliner Otentik Nusantara Melalui Rasa dan Sastra

Ambarrukmo Group dengan bangga memperkenalkan “Kelana Lidah Jawa,” sebuah buku kuliner yang memadukan karya kuliner dan sastra dalam satu narasi menarik dan otentik. Kali ini Ambarrukmo berkolaborasi dengan penulis sekaligus seorang chef berpengalaman, Laire Siwi Mentari sebagai langkah pertama dalam upaya pengarsipan kuliner oleh Ambarrukmo Group.

Kelana Lidah Jawa menawarkan eksplorasi kuliner melalui foto dan ilustrasi yang dibuat sebagai inisiasi terhadap mulai hilangnya apresiasi untuk masakan tradisional yang memiliki cerita, nilai, dan filosofi dibalik proses pembuatannya.

“Kuliner adalah salah satu mahakarya atau identitas budaya yang dapat mewakili masyarakatnya,” kata Haris Susanto, Managing Director Ambarrukmo. “Kami percaya bahwa pengetahuan akan kuliner tradisional kita bukanlah hal yang kuno, melainkan sesuatu yang harus dihargai dan dipelihara. Itulah yang menjadi semangat kami dalam menciptakan buku ini.

Lebih Dekat dengan Laire Siwi Mentari, Penulis Buku Kelana Lidah Jawa

kelana lidah jawa
Chef Laire Siwi Mentari saat Peluncuran Kelana Lidah Jawa

Penulis buku ini, Laire Siwi Mentari, memiliki latar belakang yang menarik mulai dari penulis hingga chef profesional. Selain telah menerbitkan tiga novel, ia juga telah banyak berkontribusi dalam dunia kuliner melalui berbagai restoran dan konsultan kuliner.

Sekarang, ia membawa pengalamannya dalam dunia kuliner dan sastra untuk menciptakan buku ini. Kuliner yang diangkat dalam buku tersebut mencakup masakan khas Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur, dengan fokus pada masakan yang populer dan unik sehingga akan mendatangkan kesan dekat serta familiar untuk para pembacanya.

kelana lidah jawa
Tampilan Dalam Buku

Buku ini juga dilengkapi dengan resep yang telah teruji oleh Laire Siwi Mentari sendiri, sehingga pembaca dapat menikmati hidangan otentik dari dapur secara mandiri. “Buku ini adalah sebuah perpaduan dari apa yang saya ketahui dan apa yang saya cintai yaitu kuliner dan sastra,” kata Laire Siwi Mentari.

Baca Juga :   Kustomfest 2023: Semangat Retro Future untuk Masa Depan Kustom Kultur!

“Saya berharap buku ini dapat menjadi bacaan yang tidak hanya menyodorkan informasi dasar yang keras dan hambar, tetapi juga dilengkapi dengan bumbu narasi dan imajinasi,” ungkapnya. Buku ketiga yang ditulis oleh chef Laire tersebut merupakan rangkaian awal dari misi melestarikan budaya melalui kuliner yang diinisiasi oleh Ambarrukmo Group.

Melalui buku ini, Ambarrukmo Group berharap masyarakat dapat menikmati dan menghargai identitas kuliner Jawa dan Nusantara. Buku “Kelana Lidah Jawa” dapat dipesan melalui formulir yang tersedia di link bio Instagram @ambarrukmo. Anda bisa menjelajahi peninggalan kuliner Jawa melalui halaman-halaman buku ini dan temukan kembali cerita, nilai, dan filosofi di balik hidangan favorit.

Share the Post:

OTHER STORIES

Plaza Ambarrukmo menjadi sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Yogyakarta yang akan memberikan pengalaman berbelanja terbaik untuk semua

Gelaran Gathering Ambarrukmo Group 2024 di Bali berlangsung hangat dan meriah pada Sabtu 15 Juni 2024 di

Memasuki paruh kedua tahun 2024 Yogyakarta memiliki berbagai daftar event yang siap untuk dikunjungi Jenis event yang

Memanjakan diri dengan menjajal berbagai restoran hotel bisa jadi opsi terbaik untuk me time atau menghabiskan akhir